17 Februari 2017

Suka Duka jadi Danus ( Dana & Usaha )

Assalamualaikum ...

            Yak sesuai janji ,saya bakalan ceritain pengalaman-pengalaman selama setahun kemarin. Dan salah satunya adalah pengalaman saya cari duit bareng danus. Kalian yang masih atau alumni mahasiswa pasti tau lah apa itu danus. Apalagi yang sering ikut kepanitiaan gitu, pasti udah familiar banget nget ama yang namanya danus. Sebelum lebih lanjut , jadi biasanya di suatu kepanitiaan itu kan pasti ada departemen-departemen kaya dept. Acara,dept. Dekorasi dan Dokumentasi, dept. Konsumsi dan masih banyak lagi , salah satunya ada dept. Danus. Danus atau singkatan dari Dana Usaha adalah departemen yang tugasnya adalah mencari dana untuk kepentingan acara yang akan diselenggarakan. Gimana - gimana ? udah kaya wikipedia belom hehe jadi intinya kalo mau ngadain suatu acara kan pasti butuh dana kan buat acaranya, nah yang betugas untuk mencari dana tersebut itu si Danus ini makanya dinamain Dana dan Usaha.

Jadi di Danus itu ngapain aja sih ?? yang pasti cari cara gimana bisa hasilin dana. Caranya gimana ?
Yaa jualan bisa, adain lomba2 bisa, ajuin proposal ke sponsor, dan masih banyak lagi. Kalo ditanya capek enggaknya , ya capek lah namanya aja cari duit kan , coba tanya ke ortu kita capek engga cari duit buat kita hehe. Tapi disini kita engga cuman dapet capeknya aja loh, disini kita itu dilatih cara berpikir kita, kreativitas kita, gimana caranya cari duit dalam kurun waktu tertentu, tapi dengan cara yang benar dan halal tentunya yak. Nah dulu ketika  masih menjadi mahasiswa muda aka semester 3 muehehe saya coba iseng-iseng masuk danus dan ternyata nggak segampang jualin gorengan ke orang-orang gengs. Jualan itu capek asli, terus kadang sedih juga kalo dagangan kita ga laku karna mau gak mau harus kita juga yang beli supaya dagangan nya abis.

Dulu ketika saya jadi danus, waktu itu pas banget ama bulan puasa 2015 ( lupa bulan apa) pokoknya saya masuk danus untuk suatu acara jurusan  yang bakal diadain bulan Desembernya. Jadi mulai awal puasa itu saya bareng pasukan danus lainnya mulai jualan deh. Nah kan puasa ntuh jadi kita jualannya pas mo buka gitu. Yang pertama kita lakuin pasti nya kita nyari tempat nih buat jualan yang kira-kira bakalan rame dan tempat nya gabayar :D. Dapat kita jualan di depan suatu toko yang dah lama tutup dan ternyata kita boleh jualan disitu. Setelah itu kita rapatin apa-apa aja yang kita mo jualin di stand kita nanti. Akhirnya setelah rapat , kita dapet apa-apa aja yang mau dijualin pas di stand yaitu ada gorengan, es buah, oreo goreng ( pasti kalian yang baca bakalan bingung wkwk ini sumpah enak banget next time saya bakalan bikin tutorial nya gengss dijamin wenaak) trus apalagi yak pokonya kita jualan makanan takjil gitu nah, kan pasti di momen mau buka puasa pasti banyak banget orang yang cari takjil sebagai menu pembuka puasa yaa semacam snack ringan , es , dan masih banyak lagi. Nah bedanya biasanya orang kalo jualan kan pasti beli dulu ditempat orang trus kita jualin lagi, kalo kita beda gengs jadi kita masak sendiri apa-apa aja yang mau dijualin kecuali gorengan yak(karena gorengan butuh banyak bahan dan ribet kalo kita masak sendiri hehe)

Waktu itu di hari pertama kita jualan, kita jualan lumpia isi goreng, oreo goreng, es buah , gorengan. Karna waktu itu kita-kita masih pada kuliah, jadi kita masak-masak nya mulai siang abis dhuhur gitu. Kita kumpul di kontrakan bang Tata (koor Danus) untuk mulai masak-masak.

Nah inii nih lumpia isi macaroni bikinan Danus sendiri :)

Kira-kira pukul 3 sore kita udah selesai masak-masak, kita persiapan nih ke tkp buat jualan. Tentunya nggak cuman Danus aja gengs tapi dibantu sama panita-panitia yang lain juga. Nah kita jualan disana ampe maghrib. Aktivitas itu saya lakuin bareng temen-temen  selama kurang lebih 20 hari an lah karena kita juga ngejar target kan. Jadi ya rutinitas  tiap hari tu pagi kuliah, siang nya masak-masak, sore ampe maghrib jualan, abis tu tarawih, abis tarawih barusaya baru bisa nugas :') menarik bukan ?? untuk seorang mahasiswa semsester 3 macam saya ni wkwk

Tapi ....
Dari keseharian saya yang cukup padet itu , saya dapet banyak banget manfaat (asek dah) banyak banget lah plus yang  didapet Pertama, saya jadi ngga berasa banget puasanya kan sibuk banget tuh tau-tau udah buka apalagi buka nya bisa bareng ama temen-temen yang lain , Kedua,saya jadi tau cari duit itu susah nya masyaAllah :D jadi buat kalian yang suka boros plis jangan kasian ortu gaes cari duit ga segampang nyari jodoh (padahal nyari jodoh juga susah :D) Ketiga, saya dapet ketemu ama orang-orang baru kan banyak yang bantuin jualan nih dari dept. lain jadi makin kenal banyak orang , yang awalnya ngga kenal jadi kenal muehehe  Dan pokonya kaga nyesel dah masuk danus walaupun  harus akuin kalo jadi danus itu capek dan sering-sering makan ati wkwk tapi kita jadi banyak tau gimana caranya cari duit sendiri, gimana caranya ajuin sponsor ke perusahaan.Karena kalo kita sebagai danus bisa mencapai atau malah melebihi target (jumlah dana yang musti dicari) danus juga yang bakal seneng, rasanya tuh semua capek kita terbayarkan walaupun duit yang kita cari bukan buat kita sendiri. Menarik bukan gengs ?? 

Ini ada beberapa momen yang sempat terabadikan memori henpon saya :D





ini saya lagi masak, gimana gimana udah 'istri'able belom ? wkwk


ini juga anggota danus gengs, nama nya nelly gomez :D


maapkeun muka kelaparan ini ~


Nah yang sebelah kiri saya ini namanya bang Tata, koor danus yang kocak abis :D


Danus FULL team yeah !!
Mbak Tika,Nisa,Bang Tata, Ane :3,Nelly,Mbak Riris
Maapkeun muka koor kami yak :') suka gitu emang wk




Yah ndak full team nih , kurang mbak tika :(
Sebelum ke penghujung cerita, saya mau kasih beberapa saran nih buat jualan bagi kalian yang jadi danus di suatu kepanitiaan:
1. Jualan Gorengan di kampus (sistem titipin aja ke kantin gitu)
2. Jualan kripik / cemilan kering pas dikelas
3. Delivery makanan ke kos
4. Jualan kaos panitia :D atau kaos angkatan/jurusan/kampus
5. Adain lomba kecil2 an kek lomba dota,futsal
6. Jualan baju bekas di pasar tradisional
7. Jualan nasi kuning/nasi uduk
8. dan masih mikir lagi wkwk

SO, udah di penghujung cerita nih gengs, semoga buat kalian yang masih ragu buat masuk danus, jadi nggak ragu lagi dan makin yakin hahaha karena terkadang mencoba sesuatu yang kita pikir nggak enak malah bisa jadi ladang ilmu buat kita (asek dah quote kali ini) #quotesendiri #bukangoogling :D 
See You Again Guys and Thanks For Reading :))



Salam Sayang


Danus Informatic's Fair 2015
UII Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar